Sabtu, 16 November 2013

melawan badai GUNUNG CIKURAY garut

gunung cikuray

jalur gunung cikuray

Gunung ke 4 tertinggi di jawa barat yang mempunyai tinggi 2821 meter di atas permukaan laut menjadi trip kami di bulan november ini ,
meroket dari bandung jam setengah 4 pagi menaiki bus mini menuju terminal guntur garut yang memakan biaya 15ribu  (dari terminal cicaheum bandung) kami memulai perjalanan ,
skip perjalanan karna saya tidur ,jam 6 kami sudah sampai di terminal guntur :D ,dan di lanjutkan menaiki angkot 06 berwarna putih biru ke arah cilawu dengan ongkos 5ribu saja ,belum puas dengan berkendara ,lagi2 kami naik ojek menuju stasiun pemancar yang merampok uang kami sebesar 35ribu -_- dengan jalan yang horor tiba kami di pemancar sekitar jam 7
Sebatang rokok menjadi istirahat pertama kami di pemancar ,
dan mulai lah perjalanan dan jam 8,cabut

Mulai nanjak ,melewati perkebunan teh masi dengan semangat yang menggebu kami tetap semangat ,
skip kami sampai puncak sekitar jam 2 dengan melewati 7pos ,

pendakian gunung cikuray

dan bertemu satu pendaki yang menyusul kami si pos 7,
sesampai  kami disana ,kami mendirikan tenda ,dan segera menawarkan kopi hangat kepada dia dan saling tukar pengalaman ,
dan dia ternyata sudah menguasai gunung ini karna memang dia asli garut ,sedikit kaget dan tidak percaya saat dia berkata 'gunung ini sering badai ,hati2 ,jika badai udara disini bisa sampai -5 ato -10 drajat ,
LOL ,sebagai orang ceroboh sih iya2 aja :D ,tinggi 2800an mah ga kaya mahameru ,pikir saya .
jam 7malam kami pamit tidur ,udara mulai menusuk ,tetep pules tidur :D

Detik badai.
jam 8.30malam ,saya terbangun karna suara gaduh dan kain tenda yang menyentuh muka .
ada apa ini,saya  mulai duduk dan tak sadar  suhu sangat dingin saat itu,
Saat mencoba keluar tenda,angin berhembus kencang dan udara begitu dingin ,untung saja langit cerah saat itu ,kami tidak begitu panik karna semua peralatan kami kering ,
Tapi tak lama ,tenda kami mulai terdorong .dan kami memutuskan untuk memindahkan tenda di barat bagian bangunan puncak cikuray ,karna angin berhembus dari arah timur

Panik sedikit ,berdoa banyak.
Tidak ada yg bisa di lakukan banyak pada saat itu selain diam di sleeping bag ,dan berdoa .
sedikit usul untuk membuat mie instan dengan menyalakan hi-cook di dalam bangunan ,mungkin bisa membuat hangat ,dan kaget ketika melihat

minyak mie instan yang membeku ,jelas minyak itu ada di dalam bungkus mie ,kantung plastik ,di dalam ransel ,dan di dalam tenda,
Tak banyak berpikir kami membuat makanan dan memastikan tenda kuat ,dan melanjutkan istirahat untuk melihat sunrise dan awan pagi hari ;;).

sekedar tips,bukan rencana yang baik untuk berkunjung kesini di bulan november-desember .

salam,

Jumat, 15 November 2013

CURUG 7 (tujuh) CIAMIS

CURUG TUJUH CIAMIS

Trip ini bermula ketika si dia menyarankan kami untuk mengunjungi tempat wisata di kampung halaman nya ciamis .bermodalkan uang 2ooRb saja nekat kami kesana meluncur dari bandung ,
jam 9kami berangkatdan tiba disana sekitar jam 1siang ,karna waktu yang tidak memungkinkan ,kami memutuskan untuk pergi besok pagi agar lebih leluasa bermain air :D tidak ada tempat untuk tidur memaksa kami untuk menginap di sebuah toko minimarket yang udara nya sangat tidak bersahabat -_-
Done ! kita terbangun di pagi hari sekitar jam 7,dan segera bergegas menuju curug yang terletak di Desa Sandingtaman Kecamatan Panjalu ,dengan numpang mobil kakak yang tinggal disana :D
 Di perjalanan,kita dapat melihat indah nya situ panjalu yang letak nya tidak berjauhan dengan curug

Jalan yang yang benar2 tidak bersahabat membuat menyesal kami menggunakan mobil -_-
mo gimana lagi nama nya juga usaha hahhh
setiba nya disana kami di pungut biaya masuk sebesar 3ribu saja .

Move,kami memulai berjalan kaki sekitar 100meteran lah dan menemukan anak tangga yang berujung 2jalan yang berbeda yang tidak jauh jika ke kanan kita menuju curug 1-5 dan ke kiri curug 6-7
berunding kami memutuskan untuk ke arah kanan ,dan tidak lama kami berjalan suara air sudah menanti kami dan benar saja tebing sekitar 60-70meteran telah berdiri di hadapan kami

Tidak cukup melihat 1 curug ,kami mulai berjalan menuju curug 2 ,akan tetapi curug nya tidak seperti yang kami harapkan -_-
air sangat kecil disana.

masi kurang puas ,kami menuju curug 3 ,yang letak nya aga jauh dan menjadi trek naik gunung yang lumayan ,dan lagi2 kami hanya menemukan air yang tidak begitu deras :(

karna salah satu dari kakak saya merasa lelah ,dia memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan .
sedikit kesal ,tapi mo gmna lagi ,kami kan nebeng mobil dia .
perjalanan terhenti dan kami kembali menuju curug satu yang menuju pulang

lelaaahhhh.....
tapi ya mungkin kami akan kembali ke curug ini untuk bertemu dengan curug 4-7 :D

salam,

Rabu, 04 September 2013

BUKIT UNGGUL.GUNUNG ! bukan BUKIT

GUNUNG BUKIT UNGGUL

Sepintas gunung ini terlupakan dalam list karna memang denger nama 'bukit' itu uda jelas cuma dataran yang ga terlalu tinggi ,hell but u was wrong jika kamu mikir gitu :D
Bukit tunggul mempunyai tinggi 2208 yang sekaligus jadi dataran paling tinggi di antara gunung tetangga nya
Gunung yang berada di sekitar bukit unggul:
G.tangkuban parahu 2076mdpl
G.burangrang 2050mdpl
G.manglayang 1818mdpl

Bukitunggul ,yang masih potongan cerita dari SANGKURIANG yang konon ini tempat dimana sangkuriang menebang pohon hingga pepohonan hanya menyisakan tunggul-tunggul nya saja
Gunung ini mempunyai trek yang cukup sulit ,dan tidak ada angkutan umum yang bisa nganter kita ke kaki gunung ini.
Gunung ini terletak di daerah cibodas lembang ,bisa di lalui lewat tempat wisata maribaya atau melaui palintang .
Sedikit cerita tentang kami di gunung ini,berawal dari seorang rekan yang km sebut 'si aa bandung utara' (nijar) yang mengajak kami menuju puncak ini.
Kami berangkat jam 10pagi melalui palintang dan hanya setengah jam saja kami sudah ada di perkebunan kina di kaki gunung ini ,disini kita di kenakan biaya oleh perhutani sebesar 5000/org karna kita melaui tempat wisata outbond,curug ,dan situ buatan yang kata sayah sih ga mirip -_-

Jam 11,setelah kami bertanya arah jalan pada perhutani setempat kami mulai jalan kaki menuju puncak ,
Dengan tanpa ragu kami melangkah sekitar 1km berjalan kami bertemu dengan warga di perkebunan ,dengan iseng basa basi menyapa mereka kami bertanya arah jalan lagi,dan heran ketika warga menunjukan arah jalan yang berbeda dengan perhutani .
Kami meneruskan perjalanan dan tak lama kami menemukan jalan setapak menuju puncak,
Tapi jalan nya ada di tengah lurus hadapan kami ,sedangkan perhutani menyuruh kami ke kiri ,dan warga menyuruh ke kanan .sedikit berunding melihat kami yang cukup lelah akibat begadang ,kami memilih jalan tengah .
Awal nya jalan setapak ini terlihat wajar saja bagi kami ,sampai ketika jalan menyempit dan kami tidak menemukan jalan setelah 1jam berjalan ke atas .sejenak kami istirahat untuk merokok (biar ga tegang haha) dan berunding kembali untuk melanjutkan perjalanan atau tidak.

Setelah tak lama kami berunding kami meneruskan perjalanan karna jika kami turun,waktu kami tidak akan cukup,teruskan perjalanan dan tak lama, kami berhenti melangkah karna di hadapan kami ada sarang babi hutan yang cukup besar ,saya sengaja tidak memberitahu tim dan menyuruh mereka istirahat sejenak,saya berbisik kepada kakak saya untuk menanyakan bagaimana selanjutnya ,kita lalu memilih jalan memutar sarang dan sesekali kami menemukan jejak babi hutan di jalan ,belum reda tegang kami damn ! kami menemukan sarang babi hutan lagi ,dan tanpa pikir panjang kami melakukan hal yang sama .
Berbuah hasil,ber jam-jam setelah kasrakkusruk melewati ranting ,kami menemukan kembali trek ,senang :D
Jam3,kami hampir menuju puncak dan sudah berada di pos terakhir pemberhentian .

Kami pulang setelah cukup lelah kami berjalan kaki dan kami berada di jalur yang sebenarnya :D
Di puncak gunung ini terdapat peninggalan megalitikum berupa kolam akan tetapi sayang nya sudah rimbun dan tertutup tumbuhan, dan satu tugu yang di buat  oleh presiden pertama "bung karno" yang telah di rusak oleh para pendaki yang tidak bertanggung jawab .

Kamis, 22 Agustus 2013

mencegah LINTAH PACET /LINTAH GUNUNG

LINTAH PACET

Lintah yang unyu lucu ini umum nya hanya sebesar biji korek api ,berwarna kegelapan dan bergaris coklat (untuk lebih jelas nya si liat aja gambar nya haha) tapi jangan heran jika pacet ini bisa berukuran sebesar ibu jari kaki kalo nyedot darah kita .

Mereka kerap kali meresahkan para penjelajah alam yang hobi jalan-jalan di semak,mereka hidup di tempat lembab berair dan sering kali nongkrong di ujung daun, jika kita tanpa sadar melewati dan menyentuh daun dengan kaki ,si imut ini suka ngikut .
konon katanya ,lintah ini memiliki air liur yang bisa meredam rasa sakit ,makanya sering kali saat lintah ini menyedot darah kita ,kita ngga sadar .fake or fact hell i dont know :D
Di foto itu juga saya ga ngerasain adanya lintah ,untung aja rekan saya ngasi tau ada lintah lagi gelantungan di kaki haha

tips untuk mencegah lintah pacet
-sebelum terjun ke alam,buatlah air satu mangkok cukup ,dan campurkan dengan tembakau rokok kretek, aduk hingga merata (tapi jangan di goreng haha) lalu balurkan ke kaki ato tangan ,
soal nya pacet cendrung peka terhadap penciuman

tips untuk menangani pacet saat pacet nyedot darah kita
- jangan panik ,jangan cabut pacet dari kulit (dia ga akan nyedot ampe 1 liter ko haha) soal nya gigi pacet rentan patah dan jika tertinggal di kulit kita kemungkinan kecil bisa infeksi,ya jaga2 aja lah
- ambil lah rokok dalam saku mu ,dan keluarkan korek nya .lalu bakar pacet itu menggunakan korek sampai dia melepaskan diri nya sendiri *JANGAN SAMPAI MEMBUNUH PACET NYA*
setelah itu kita nyalakan rokok,dan baru kita merokok hahahahahah

Sabtu, 10 Agustus 2013

PANTAI SANTOLO INDAH DAN MENANTANG

PANTAI SANTOLO GARUT

Pantai santolo garut berletak di daerah kecamatan pamempeuk garut selatan ,pantai yang biasa di kunjungi para traveler tiap hari libur ini memiliki suatu tantangan tersendiri untuk kami .
Cukup bersih,dan ramai para traveler membuat kami betah untuk sejenak melepas stress,

pantai santolo
pantai santolo garut

Ombak yang bersahabat membuat kami seakan ingin tetap menjadi anak pantai hahahahah
TAPI,terkadang ombak disini bisa berubah dalam waktu pesat jika menjelang sore hari .
Seperti taun 2011 lalu saat kami berenang di pantai ini saat pasang

wanna try ? jangan pernah :D
Kami hanya sekumpulan traveler bodoh yang tidak terlalu memikirkan resiko,tidak sedikit orang yang hanyut di pantai ini akibat terseret arus ,seperti tragedi bulan lalu (juli,13) saat warga setempat kami yang mencoba menyelamatkan anak nya dan sangat di sayangkan malah dirinya lah yang terseret ombak menuju laut lepas,tetapi usaha dirinya tidak sia-sia karna buah hati nya berhasil selamat ,jasad nya baru di temukan 3 hari setelah nya di pantai ranca buaya yang berletak berberapa kilometer dari pantai santolo .

Laut pantai selatan yang terkenal berpantrangan dengan warna hijau ini akan tetapi sangat cocok untuk di kunjungi.
Selain pantai santolo ini ,biasa nya para traveler meluangkan waktu sejenak di pantai sayang heulang ,yang emang berdampingan tempat nya ama pantai santolo .
ada jalan menuju pantai sayang heulang ini ,yang pertama lewat pantai santolo lalu nyebrang dikit lah pake perahu dan bakalan nemu pintu kaya gini :
pantais santolo

atau bisa juga lewat jalan satu lagi ,lewat jalan (kalo dari arah pamempeuk) sebelum kita nyampe ke pintu masuk pantai santolo ,ada jalan meuju kiri yang emang aga sepi sih :D hihih
disitu ntar kita bakalan nemu patung burung elang yang lumayan gede dan yang paling asik nya ga ada yang mungut biaya kalo ke pantai lewat situ hahahaha.

travel & nature adventure

PUNCAK GUA HAMPARAN RUMPUT DI SISI LAUT

WISATA PUNCAK GUA

Sesuai dengan nama nya ,puncak di atas gua ini merupakan satu hamparan yang cukup luas di tebing bebatuan di sisi laut ,bukan puncak gua yang punya gua ,gua mah kaga punya puncak dah hahaha
Tempat wisata yang berletakan di desa ranca buaya di daerah selatan jawa barat ini mempunyai daya tarik sendiri untuk para traveler di indonesia .
Hamparan padang rumput yang cukup luas dengan pemandangan laut indah ini dapat di kunjungi hanya Rp2000/orang .

damn .beautiful grass up the sea.
Disini para traveler bisa melihat langsung pemandangan pantai ranca buaya yang emang tempat nya ga berjauhan ama puncak goa ini .
Dan di anjurkan untuk sangat berhati-hati dengan angin yang bertiup kadang ngga bersahabat tentunya hahah
Percaya atau tidak mobil kami tidak berhenti bergoyang ketika parkir di tempat ini ,sangat berbahaya apabila berdiri terlalu ujung mendekati tebing.

kalo misal syahrini yang dateng kesini melawan angin ,begini ni jadinya :

Tempat wisata ini jarang di kunjungi para wisatawan karna memang jalan untuk menuju ke sini sedikit sulit

salam pecinta alam,

travel & nature adventure

Jumat, 26 Juli 2013

DAUN PULUS ,DAN DAUN JELATANG

daun PULUS dan daun JELATANG

DAUN JELATANG

Daun yang umum nya berbentuk seperti daun pepaya ini cukup memberi efek gatal hebat jika kulit kita tersentuh daun ini ,daun yang tergolong manja ini tidak mau tumbuh di daerah panas ,tidak heran jika di daerah lembab sering kali kita melihat nya.
Tumbuhan ini memiliki duri halus di seluruh batang dan daun nya .bisa tumbuh mencapai 2meteran kurang lebih

daun jelatang terbesar yang saya temukan di ketinggian 1800mdpl

tips untuk mencegah tersengat daun jelatang
-pakai celana panjang dan jaket

trik untuk menanggulangi jika tersengat
-jangan tunggu lama dengan rasa gatal,basuh air ke daerah gatal ,semakin lama kita biarkan rasa gatal ,semakin berbekas pada kulit ,ujung nya ntar jadi kaya kaligata (bahasa sunda) zat asam ini larut murni dalam air

DAUN PULUS

Daun yang sering bikin ilfeel mayoritas para pendaki ini sering kali kita tidak sadari karna mirip nya dengan daun hutan lainya ,daun yang sering kali di sebut daun jelatang di daerah utara indonesia ini memiliki cukup banyak kandungan asam di tubuh nya ,tidak heran jika terkena daun ini ingin sekali rasa nya bunuh diri.
pengalaman ini di alami oleh kakak saya sendiri saat membuka jalan di hutan bersama saya dan team.
Efek yang di timbulkan daun ini yaitu gatal dan panas yang tak tertahankan ,dan akan terasa sampai 3hari bahkan satu minggu .berbeda dengan daun jelatang ,bagian tersengat daun ini tidak boleh menyentuh air.
Untuk mengenali daun ini,susah -_- kita sering lebih fokus pada trek daripada tumbuhan .jika kalian ingin cari tau bentuk asli nya ,cari daun seperti di gambar .dan lihat bagian bawah daun tersebut (di anjurkan tidak di sentuh,hanya di lihat) jika itu daun pulus ,anda akan melihat duri di batang tengah daun bagian bawah .

tips agar tidak tersengat
-ikuti trek jika kalian  sedang mendaki,jangan ambil resiko mengikuti semak ato membuka jalur

trik meredam sengatan daun pulus
-tumbuk padi ketan sampai halus dan balurkan pada sengatan

semoga berguna ya gan

Minggu, 21 Juli 2013

PENDAKIAN GUNUNG BURANGRANG

GUNUNG BURANGRANG

Gunung burangrang adalah satu dataran tinggi di daerah cisarua lembang atau bandung utara yang memiliki tinggi sekitar 2064mdpl .
Gunung yang masih termasuk dari cerita sangkuriang ini ( tangkuban parahu ) memberikan pengalaman tersendiri untuk kami ,

Berawal dari para sahabat pecinta alam poltekes yang mengundang kami ke gunung ini,kami memulai perjalanan sekitar jam 7pagi menuju perhutani bandung utara di kaki gunung burangrang.
Singkatnya sekitar jam 8 kami uda sampe perhutani bandung utara,ada 2 trek yang saya tau (mungkin lebih dari dua sih :D) untuk menuju puncak ,pertama lewat legok haji ,dan arah menuju situ lembang ,yang menariknya kalo agan mau naek gunung ini melewati arah yang serupa menuju situ lembang ,kita selain melapor ke perhutani ,juga harus ijin kepada bapak2 kopassus yang ga jauh letak nya ga jauh dari pos perhutani .

Kami sempat kaget ketika bapak kopassus tidak memberi ijin untuk mendaki gunung karna adanya latihan militer di daerah gunung,dengan tampang yang lemas kami berkata 'hufttttttttt' .
Dan tak lama ketika kami mengerutkan wajah ,mungkin si bapak kopassus iba akan para pendaki yang keren2 gajadi naek gunung ,timbulah perkataan "ok de,untuk kalian aja,bapak ijinin.sebenarnya bapak gaboleh ngasih ijin" dengan muka riang kami tersenyum kepada si bapak hahaha sayang nya kami cemberut lagi ketika si bapak menambahkan kata2 "di atas lagi ada latihan militer,kalian naik terus ambil arah barat ,jika salah satu dari kalian tertembak bapak ga tanggung jawab" itu freak !
Sedikit berunding kami memilih untuk teruskan perjalanan.

Ngomongin soal perjalanan,gunung ini sangat terjaga kelestarianya ,sedikit sekali kami melihat tanaman tandus.
Hal yang belum pernah kami alami ketika campur aduk suara antara kicau burung ,suara angin ,suara tembakan dan suara bomb !
Perjalanan ke puncak jika berjalan standar kurang lebih memerlukan waktu 4jam dengan melewati naik turun sebanyak 7kali ,trek lumayan bersahabat dengan memberi banyak jalan landai.
Di tengah jalan agan2 bakal di suguhi pemandangan jelas situ lembang yang cukup indah,terlihat jelas jika tidak turun kabut ,sayang nya ketika kami mengunjungi kesana sudah di suguhi kabut dari perhutani hahaa
Dan di sayangkan kami tidak full team,hanya saya dan rekan saya nizar ulmanov yang di kirimkan PANDAWANA untuk menaiki gunung ini .mungkin karna kita berdua yang paling minim pengalaman hahahaha

gunung burangrang
jalur pendakian gunung burangrang

Sekitar jam 12,kami telah sampai di puncak .
Disana ada 1tugu puncak yang kurang lebih 2meter tinggi nya ,
gunung burangrang
*JANGAN DITIRU, foto ini hanya di ambil oleh pecinta alam yang bodoh*

Jalan menuju gunung melewati perhutani menggunakan angkutan umum :
-menuju terminal ledeng,dimanapun agan berada.
-naik angkutan umum jurusan ledeng-parompong yang berwarna putih

Tips untuk mendaki gunung burangrang
-untuk yang mempunyai penyakit asma,bawa jaket 2.siang hari pun suhu disini bisa extreme

Semoga info2 nya berguna buat agan2.

thanks a lot for :
poltekes team

*PANDAWANA nature adventure and traveler*

Sabtu, 13 Juli 2013

PENCARIAN MATA AIR CURUG CILENGKRANG

CURUG CILENGKRANG

Curug ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk para penduduk bandung daerah timur.Tapi curug ini memiliki sebuah keindahan yang cukup menarik yang jarang orang ketahui.
Awal mula nya kami hanya ingin iseng main air di curug ini ,sampai datang ide untuk mencari tau dimana sumber air yang mengaliri sungai yang ga terlalu besar ini.

Minggu pagi kami berangkat sekitar jam 10 dan kurang waktu satu jam kami sudah berada di pintu masuk curug ,sedikit kecewa melihat air yang tidak begitu deras ,kami tetap meneruskan perjalanan.
tujuan pertama kami adalah curug yang biasa di kunjungi para wisatawan yang ingin melihat curug cilengkrang,

Sampai di tempat yang sering didatangi pengunjung,kami memutuskan untuk sedikit memanjat lagi ke atas demi mengetahui dmna asal air itu,
Belum 50meter kami berjalan setelah memanjat,kami bisa melihat padang daun jelatang yang benar2 tidak ingin kami lihat pada saat itu hahaha.
dengan bermodalkan nekad karna team berpenampilan celana pendek dan kaos ,kami tetap meneruskan perjalanan melewati padang daun jelatang.
Sedikit kesal dengan rasa gatal ,tetapi tak lama kami menemukan hal yang cukup menarik .
Hamparan tebing bertinggikan kurang lebih 50-60m dan berbentuk huruf U ,dengan 2 air terjun dan posisi kami ada di tengah antara 2 air terjun tersebut

Entah kapan terakhir orang menginjakan kaki disini karna kami tidak menemukan adanya jalur untuk menuju curug bagian kiri kami ,sehingga kami harus membuka jalan bermodalkan golok tebas

Dengan rasa penasaran akan mata air tersebut,kami mencoba mendaki bukit bagian kanan kami (timur) untuk bisa menaiki tebing yang menjulang di hadapan kami.Sempat kaget karna melihat sesaji seperti kelapa dan makan-makanan lainya tidak mengurungkan niat kami.
Dengan jalan yang extreme kami cukup kewalahan mendaki nya,tanah dan bebatuan labil kerap kali kami injak dan membuat nyaris menjatuhkan kami ke lembah di bawah.
Di trek menuju atas tebing bagian kanan ini ,hanya ada jalan sekitar lebar 2 meter saja (itu juga buka jalan sendiri) .Hal yang paling kami sulitkan ketika menemukan jalan tertutup batu dan harus membuka jalan dengan memotong akar di samping bawah nya

Dan juga kami harus menaiki batu yang kurang lebih bertinggikan 3 meter ,hanya akar-akar saja yang bisa membantu kami untuk memanjat .
Kami meneruskan perjalanan sampai kami menemukan pohon yang amat sangat besar ,
*sayang nya saya ga bisa liatin foto nya karna foto itu hilang secara misterius di kamera kami padahal kami memfoto pohon itu 2 kali*
Karna waktu yg tidak memungkinkan dan hampir semua tim terkena sengatan daun pulus ,kami memutuskan untuk berhenti meneruskan perjalanan.
Kami pulang dan merencanakan akan kembali untuk mengetahui sumber mata air curug cilengkrang,
Dan kami pasti kembali ,pasti...

tips jika menuju curug cilengkrang
-pastikan memakai celana panjang ,banyak sekali daun jelatang dan daun pulus
-jangan mencuci kaki di air yang tenang dan terlihat kotor (karna saat saya cuci kaki ,banyak pacet pada ngikut di kaki,hhaha)

BUKIT PALASARI

BUKIT PALASARI BANDUNG

Bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 1700an di atas permukaan laut ini mungkin tidak setenar bukit lainya,tapi buat para mountaineer sih saya rasa agan2 harus nyoba naik bukit ini.
Letak bukit ini terletak di bandung timur dan mempunyai jalur trek yang cukup banyak
Salah satunya jalan palintang,cibodas lembang ato cijambe di daerah bandung timur.

Puncak nya cukup sempit ,namun memanjang ,sekitar 5x10meter

Sayang nya sebagian besar bukit ini telah di jadikan lahan perkebunan oleh warga.
Sepanjang trek agan2 akan sering menemukan perkebunan kopi yang memang hanya pohon kopi saja tumbuhan yang boleh di tanam di kaki bukit ini oleh perhutani, setelah tragedi kebakaran di bukit palasari.
Maka tak heran jika sepanjang jalan banyak kotoran luwak dengan biji kopi pilihan hahahahah dan terjadilah kopi enek.
Dan terlebih ketika saya melihat banyak nya trek motor cross yang melintang di bentangan trek menuju puncak bukit ini sangat menggangu kelestarian alam di sini.

Meski bukit ini terkontaminasi oleh perkebunan dan trek motor,tapi tidak mengurangi hewan-hewan yang kami temukan ,seperti ular ,serangga ,dan harimau yang di lihat dengan mata kami sendiri ,dan burung elang yang hinggap di depan tenda kami saat pagi hari.
Maka dari itu tetap waspada,teman kami dari mapala tetangga rumah malah sempat membawa anak harimau yang mungkin masih berusia 3bulan dari bukit ini dan sayang sekali anak harimau itu tewas dengan mulut berbudah saat warga sekitar meracun nya .(ga bisa nyalahin warga emang ga berfikir aja tu org yang bawa ke rumah malah di lepas di luar) hahaha

tips untuk mendaki bukit palasari
- bawa kompas ,kita seringkali menemukan jalan bercabang tiga
- tidak panik ,apabila mendengar suara gamelan dan hewan

PUNCAK GUNUNG MANGLAYANG

Gunung yang punya ketinggian sekitar 1818 meter di atas permukaan laut ini cukup memberi pesona yang ga kalah ama gunung-gunung lainya ,dari mulai hutan yang terlindung,kicauan burung ,dan bunga edelweiss nya tentunya :D .
Gunung ini mempunyai 3puncak gunung yang yaitu,
1.puncak barat
2.puncak utama
3.puncak timur/prisma

Gunung yang terletak di kabupaten sumedang ini punya cukup banyak trek yang bisa di lalui menuju puncak.
kebanyakan orang ngambil jalan bumi perkemahan batu kuda di arah cibiru (bandung timur)
karna mungkin ini jalan yang paling landai di antara trek lainya.
tapi ga sedikit juga orang naik lewat bumi perkemahan kiara payung di daerah jatinangor.
jalur trek jatinangor nyaris ngga ngasi bonus jalan landai menuju puncak gan :D hahaha
dan terkadang pendaki yang males buat jalan kaki menuju puncak mereka lewat tebing yang langsung sampai di puncak prisma .
Gunung manglayang ini menyediakan lahan yang cukup luas di puncak nya ,kurang lebih sebesar lapangan futsal lah ,mungkin aga lebih dikit heheh
Tujuan para pendaki gunung manglayang ini biasa nya puncak timur/prisma.
mungkin karna disini pemandangan yang paling indah .

puncak manglayang timur/prisma

Puncak prisma ini memiliki lahan yang cukup sempit dan di anjurkan untuk para pendaki agar tidak membuka tenda di puncak ini terutama saat hujan .
Dan di sebut puncak prisma karna puncak ini memang berbentuk prisma.

Gunung ini sangat di sakralkan oleh penduduk setempat yang berada di kaki gunung.

malah sebagian warga cilengkrang (daerah kaki gunung manglayang) melarang warga nya membuat rumah yang berbentuk prisma pada atap depan rumah ato yang biasanya orang bandung nyebut nya "suhunan" haha

Tips buat naik gunung manglayang
- Bawa air sebanyak mungkin (tapi ga se ember juga ,haha)
di gunung ini sulit menemukan mata air
- pakailah sepatu gunung,bukan sendal gunung (jika hujan trek nya berubah jadi prosotan TK) haha

DILARANG KERAS :
- merokok gudang garam merah