Sabtu, 13 Juli 2013

BUKIT PALASARI

BUKIT PALASARI BANDUNG

Bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 1700an di atas permukaan laut ini mungkin tidak setenar bukit lainya,tapi buat para mountaineer sih saya rasa agan2 harus nyoba naik bukit ini.
Letak bukit ini terletak di bandung timur dan mempunyai jalur trek yang cukup banyak
Salah satunya jalan palintang,cibodas lembang ato cijambe di daerah bandung timur.


Puncak nya cukup sempit ,namun memanjang ,sekitar 5x10meter


Sayang nya sebagian besar bukit ini telah di jadikan lahan perkebunan oleh warga.
Sepanjang trek agan2 akan sering menemukan perkebunan kopi yang memang hanya pohon kopi saja tumbuhan yang boleh di tanam di kaki bukit ini oleh perhutani, setelah tragedi kebakaran di bukit palasari.
Maka tak heran jika sepanjang jalan banyak kotoran luwak dengan biji kopi pilihan hahahahah dan terjadilah kopi enek.
Dan terlebih ketika saya melihat banyak nya trek motor cross yang melintang di bentangan trek menuju puncak bukit ini sangat menggangu kelestarian alam di sini.

Meski bukit ini terkontaminasi oleh perkebunan dan trek motor,tapi tidak mengurangi hewan-hewan yang kami temukan ,seperti ular ,serangga ,dan harimau yang di lihat dengan mata kami sendiri ,dan burung elang yang hinggap di depan tenda kami saat pagi hari.
Maka dari itu tetap waspada,teman kami dari mapala tetangga rumah malah sempat membawa anak harimau yang mungkin masih berusia 3bulan dari bukit ini dan sayang sekali anak harimau itu tewas dengan mulut berbudah saat warga sekitar meracun nya .(ga bisa nyalahin warga emang ga berfikir aja tu org yang bawa ke rumah malah di lepas di luar) hahaha



tips untuk mendaki bukit palasari 
- bawa kompas ,kita seringkali menemukan jalan bercabang tiga
- tidak panik ,apabila mendengar suara gamelan dan hewan

salam pecinta alam

PANDAWANA
travel and nature adventure

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wow