Senin, 03 November 2014

pendakian GUNUNG CIREMAI

GUNUNG CIREMAI

jalur gunung ciremai
gunung ciremai

Mencoba mendaki gunung tertinggi di jawa barat ,kami ber 4 (komang ,njoy ,astin,tom) memulai perjalanan dari bandung dan start jam 7 dari terminal cicaheum ,
Setelah berunding jalur mana yang akan kita lewati ,kita telah memutuskan melalui jalur linggarjati .jalur paling jauh dan paling bawah dengan ketinggian pos 600mdpl yang jelas puncak berada di 3078mdpl .
keberangkatan bis damri on time jam 7 ,berhenti di linggarjati dan ngeboking angkot 10ribu per orang menuju pos pertama .
di pos linggarjati ,kita bisa menggunakan ojeg untuk ke pos selanjutnya yaitu pos cibunar ,di pos cibunar ini biasanya para pendaki mengisi persediaan air minum karena kebanyakan mengira disinilah sumber air terakhir ,padahal di pos condang amis ada sumber mata air yang jernih ,hanya saja warga menutup jalan menuju sumber air karena itu air untuk warga .

dengan segala kemistisan yang membuat sedikit gentar ,kami tidak punya pilihan lain .
sedikit cerita perjalanan membosankan mulai terasa saat kita mulai memasuki pos 'leuweung datar' yang artinya hutan datar ,yang seperti di katakan namanya yaitu jalan yang landai banget dan tak kunjung melihat plang pos -_-
KEANEHAN,pos PANGALAP ,
pangalap atau yg artinya jemputan ,biasanya di pos ini para pendaki akan melihat burung gagak atau lebah hitam yang mengantarkan  selama perjalanan (MITOS) ,kami malah di hampiri seekor burung nuri yang sangat jinak ,tapi tetap burung ini mengikuti kami selama 2pos .

POS TANJAKAN BAPA TERE,bukan berarti tanjakan nya kejam seperti bapak tiri ,tanjakan nya lumayan ,cuma karena kita telah lelah menempuh sampai pos ini ,maka tanjakan nya pun terasa sulit .namun di tanjakan ini telah di sediakan tali seperti hal nya "tanjakan setan" di gunung gede pangrango .

POS PANGASINAN ,di pos ini adalah pos yang sering di gunakan para pendaki untuk membuka tenda ,karena pos ini pos terakhir via linggarjati sebelum puncak ,dari pos ini kurang lebih memakan waktu 45-60menit menuju puncak .
konon di sebut pangasinan ,di pos ini barang siapa yang membawa ikan asin,perjalanan nya akan lancar ,

Sekedar ngobrol dengan jagawana ,via linggarjati memang terkenal mistis ,tapi justru kebanyakan pendaki yang hilang adalah pendaki yang melalui jalur apuy dan palutungan.
Bicara soal mitos air kencing tidak boleh nyentuh tanah itu langsung di bantah keras oleh jagawana ,
"justru kalo pipis,pipis aja jangan di gantung di pohon ,atau di masukin botol ,kami yang bersihin trek juga jijik kalo harus ngambil air kencing dari pendaki" ucap jagawana.

sekedar tips mendaki gunung ciremai ,sangat jaga ucapan dan tingkah laku ,usahakan memberi salam "assalamualaikum" setiap bertemu pos.

salam alam,


PANDAWANA
travel and nature adventure

Tidak ada komentar: