Minggu, 21 Juli 2013

PENDAKIAN GUNUNG BURANGRANG

GUNUNG BURANGRANG

Gunung burangrang adalah satu dataran tinggi di daerah cisarua lembang atau bandung utara yang memiliki tinggi sekitar 2064mdpl .
Gunung yang masih termasuk dari cerita sangkuriang ini ( tangkuban parahu ) memberikan pengalaman tersendiri untuk kami ,

Berawal dari para sahabat pecinta alam poltekes yang mengundang kami ke gunung ini,kami memulai perjalanan sekitar jam 7pagi menuju perhutani bandung utara di kaki gunung burangrang.
Singkatnya sekitar jam 8 kami uda sampe perhutani bandung utara,ada 2 trek yang saya tau (mungkin lebih dari dua sih :D) untuk menuju puncak ,pertama lewat legok haji ,dan arah menuju situ lembang ,yang menariknya kalo agan mau naek gunung ini melewati arah yang serupa menuju situ lembang ,kita selain melapor ke perhutani ,juga harus ijin kepada bapak2 kopassus yang ga jauh letak nya ga jauh dari pos perhutani .

Kami sempat kaget ketika bapak kopassus tidak memberi ijin untuk mendaki gunung karna adanya latihan militer di daerah gunung,dengan tampang yang lemas kami berkata 'hufttttttttt' .
Dan tak lama ketika kami mengerutkan wajah ,mungkin si bapak kopassus iba akan para pendaki yang keren2 gajadi naek gunung ,timbulah perkataan "ok de,untuk kalian aja,bapak ijinin.sebenarnya bapak gaboleh ngasih ijin" dengan muka riang kami tersenyum kepada si bapak hahaha sayang nya kami cemberut lagi ketika si bapak menambahkan kata2 "di atas lagi ada latihan militer,kalian naik terus ambil arah barat ,jika salah satu dari kalian tertembak bapak ga tanggung jawab" itu freak !
Sedikit berunding kami memilih untuk teruskan perjalanan.

Ngomongin soal perjalanan,gunung ini sangat terjaga kelestarianya ,sedikit sekali kami melihat tanaman tandus.
Hal yang belum pernah kami alami ketika campur aduk suara antara kicau burung ,suara angin ,suara tembakan dan suara bomb !
Perjalanan ke puncak jika berjalan standar kurang lebih memerlukan waktu 4jam dengan melewati naik turun sebanyak 7kali ,trek lumayan bersahabat dengan memberi banyak jalan landai.
Di tengah jalan agan2 bakal di suguhi pemandangan jelas situ lembang yang cukup indah,terlihat jelas jika tidak turun kabut ,sayang nya ketika kami mengunjungi kesana sudah di suguhi kabut dari perhutani hahaa
Dan di sayangkan kami tidak full team,hanya saya dan rekan saya nizar ulmanov yang di kirimkan PANDAWANA untuk menaiki gunung ini .mungkin karna kita berdua yang paling minim pengalaman hahahaha

gunung burangrang
jalur pendakian gunung burangrang

Sekitar jam 12,kami telah sampai di puncak .
Disana ada 1tugu puncak yang kurang lebih 2meter tinggi nya ,
gunung burangrang
*JANGAN DITIRU, foto ini hanya di ambil oleh pecinta alam yang bodoh*

Jalan menuju gunung melewati perhutani menggunakan angkutan umum :
-menuju terminal ledeng,dimanapun agan berada.
-naik angkutan umum jurusan ledeng-parompong yang berwarna putih

Tips untuk mendaki gunung burangrang
-untuk yang mempunyai penyakit asma,bawa jaket 2.siang hari pun suhu disini bisa extreme 

Semoga info2 nya berguna buat agan2.

thanks a lot for : 
poltekes team


*PANDAWANA nature adventure and traveler*

Tidak ada komentar: