Rabu, 31 Desember 2014

TEBING BATU GUNUNG MANGLAYANG

gunung manglayang
pagi gunung manglayang

Gunung Manglayang mempunyai tempat yang cukup indah seperti puncak prisma ,tapi sesekali para pendaki tidak mengetahui detail semua tempat indah di gunung tersebut .
Seperti hal nya tebing batu di gunung ini ,jika saja pendaki tau ini adalah jalan pintas menuju puncak prisma ,hanya saja trek tebing batu ini cukup beresiko :v
Mungkin memang tebing batu ini tidak tinggi antara sekitar 7-10 meter ,tapi bebatuan yang labil dan licin ketika hujan atau pagi ini bisa menyulitkan para pendaki jika ingin melalui trek ini .
Terkadang jika kita berkunjung ke gunung ini ,kita cuma menarget kan tempat ini untuk join2 kopi :v

manglayang mountain
sunrise gunung manglayang

JANGAN DITIRU foto di bawah,ini asli jurang

Tempat ini tidak terlalu jauh dari batu kuda ,hanya saja mempunyao trek yang lumayan membingungkan ,jika ingin ke tempat ini harus dengan rekan2 yang sudah tau menuju tempat ini .

Tips :
berhati2 di jalan terutama ketika gelap atau sesudah hujan ,dan tetap waspada sekitar .
waspada hewan terkadang kita sering bertemu hewan yang sedikit membuat kita gentar di trek ini .

Senin, 03 November 2014

pendakian GUNUNG CIREMAI

GUNUNG CIREMAI

jalur gunung ciremai
gunung ciremai

Mencoba mendaki gunung tertinggi di jawa barat ,kami ber 4 (komang ,njoy ,astin,tom) memulai perjalanan dari bandung dan start jam 7 dari terminal cicaheum ,
Setelah berunding jalur mana yang akan kita lewati ,kita telah memutuskan melalui jalur linggarjati .jalur paling jauh dan paling bawah dengan ketinggian pos 600mdpl yang jelas puncak berada di 3078mdpl .
keberangkatan bis damri on time jam 7 ,berhenti di linggarjati dan ngeboking angkot 10ribu per orang menuju pos pertama .
di pos linggarjati ,kita bisa menggunakan ojeg untuk ke pos selanjutnya yaitu pos cibunar ,di pos cibunar ini biasanya para pendaki mengisi persediaan air minum karena kebanyakan mengira disinilah sumber air terakhir ,padahal di pos condang amis ada sumber mata air yang jernih ,hanya saja warga menutup jalan menuju sumber air karena itu air untuk warga .

dengan segala kemistisan yang membuat sedikit gentar ,kami tidak punya pilihan lain .
sedikit cerita perjalanan membosankan mulai terasa saat kita mulai memasuki pos 'leuweung datar' yang artinya hutan datar ,yang seperti di katakan namanya yaitu jalan yang landai banget dan tak kunjung melihat plang pos -_-
KEANEHAN,pos PANGALAP ,
pangalap atau yg artinya jemputan ,biasanya di pos ini para pendaki akan melihat burung gagak atau lebah hitam yang mengantarkan  selama perjalanan (MITOS) ,kami malah di hampiri seekor burung nuri yang sangat jinak ,tapi tetap burung ini mengikuti kami selama 2pos .

POS TANJAKAN BAPA TERE,bukan berarti tanjakan nya kejam seperti bapak tiri ,tanjakan nya lumayan ,cuma karena kita telah lelah menempuh sampai pos ini ,maka tanjakan nya pun terasa sulit .namun di tanjakan ini telah di sediakan tali seperti hal nya "tanjakan setan" di gunung gede pangrango .

POS PANGASINAN ,di pos ini adalah pos yang sering di gunakan para pendaki untuk membuka tenda ,karena pos ini pos terakhir via linggarjati sebelum puncak ,dari pos ini kurang lebih memakan waktu 45-60menit menuju puncak .
konon di sebut pangasinan ,di pos ini barang siapa yang membawa ikan asin,perjalanan nya akan lancar ,

Sekedar ngobrol dengan jagawana ,via linggarjati memang terkenal mistis ,tapi justru kebanyakan pendaki yang hilang adalah pendaki yang melalui jalur apuy dan palutungan.
Bicara soal mitos air kencing tidak boleh nyentuh tanah itu langsung di bantah keras oleh jagawana ,
"justru kalo pipis,pipis aja jangan di gantung di pohon ,atau di masukin botol ,kami yang bersihin trek juga jijik kalo harus ngambil air kencing dari pendaki" ucap jagawana.

sekedar tips mendaki gunung ciremai ,sangat jaga ucapan dan tingkah laku ,usahakan memberi salam "assalamualaikum" setiap bertemu pos.

Minggu, 02 November 2014

Gunung GEDE PANGRANGO

Gunung gede pangrango

Gunung yang berbeda namun satu hamparan ,sekaligus gunung tertinggi ke 2 dan ke 3 ini jadi trip selanjut nya .
tentang tempat ato lokasi nya si bisa cari sendiri di google,bhahahahha #males ngetik
singkat cerita cuma ngasi tau cerita tentang perjalanan kami kesana .
saya bersama 2rekan saya ,sebut saja "njoy" dan "komang" (nama ngga di samarkan) berangkat dari bandung sekitar jam 7malam menuju terminal bus leuwi panjang ,dan sekitar jam setengah 9,sampailah kita. dan di sambut hangat oleh para calo-calo bus yang sedikit RIWEUH saat itu .dengan kendaraan jurusan bandung-bogor kami menuju kesana (bus garuda prima) ,maklum bus ekonomi telat bgt nih maju nya ,sekitar jam 11kita baru cabut .
karna kita ngeboking lewat jalur cibodas kepaksa kita harus lewat situ
SALAH TURUN ,sial..
karena kita tidak tau dimana kita harus turun ,kita turun di cipanas sekitar jam 2 .
setelah bertanya kepada sang tukang kopi ,ternyata cipanas adalah jalur gunung gede via gunung putri ,
dan angkot yang menuju cibodas hanya ada jam 5subuh .
singkat cerita kita tidur dan sampai jam 5 kita berangkat ke cibodas ,dan lagi2 terhambat oleh pengurusan simaksi yang kantor nya buka jam 8 ,lagi2...kita tidur .
Sekitar jam 9kami beres mengurus simaksi dan mulai melangkahkan kaki menuju puncak ,
sepanjang jalan kami di suguhi dengan panorama2 alam seperti sungai ,air terjun cibereum ,bahkan kita sempat melewati air terjun yang hangat .
YANG SANGAT DI SAYANGKAN ,dimana selama di perjalanan banyak sampah berserakan ,padahal di pos awal kita sudah di daftar segala sampah2 yang akan kita bawa turun lagi .
Kesal...dimana jalan tangga yang menyiksa lutut terus menerus sampai pos "kandang badak"

untuk tips ,sebaiknya membuka camp di kandang badak ini ,karena tempat nya cukup luas dan tertutup
tak jauh dari pos ini adalah jalan cabang yang apabila kita ke kanan menuju "pangrango" dan lurus atau belok kiri kita menuju "gunung gede"

Sabtu, 05 Juli 2014

CURUG MALELA niagara dari bandung barat

CURUG MALELA

curug malela
air terjun malela

Curug yang terletak di desa cicadas kecamatan rongga gunung halu ini beda jelas dengan curug-curug yang lain nya ,kenapa ? karna curug ini mempunyai lebar yang hampir sama dengan ketinggian nya .yang menjadikan curug ini seperti niagara kecil dari indonesia .
jalan menuju curug ini cukup mudah ,karna banyak sekali plang "curug malela" di sepanjang jalan ,dari mulai arah batujajar cimahi ,ato di daerah tembusan taman kopo indah jika lewat kopo .
Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3jam dari kota bandung,itu pun hanya sampai daerah sindangkerta ,di teruskan dengan perkebunan teh ,selain disini jalan mulai jelek, plang jalan pun sudah tidak ada ,harus banyak nanya orang dah.sekitar setengah jam melewati perkebunan teh dan jalan rusak ,jalan berubah menjadi rusak BANGET ,:D .dan apabila jalan sudah rusak banget berarti tanda sebentar lagi pintu tiket curug malela .
FINE.sampai kita di pintu tiket dan biaya di kenakan 5000/org .dari pintu tiket menuju parkiran kendaraan jalan masih rusak banget dengan jarak tempuh kurang lebih 2km dan memakan waktu 1jam atau lebih .
Sebagian dari tim kami mulai frustasi .dan sebagian lagi malah menikmati :p

Sampai di parkiran kendaraan...perjuangan belum berakhir ,
foto dari parkir kendaraan .

Kita harus berjalan kaki turun menuju curug dengan anak tangga yang membuat lutut dan paha seperti hilang.
LELAH ,
foto tim yang begadang :D

Then ,this is it!

jalur curug malela
Add caption

sejenak ngopi ,

Garis besar dari semua nya bisa di katakan curug malela adalah jalan neraka menuju surga ,hahaha
Hal yang sangat di sayangkan dari si niagara mini ini adalah jalur sungai dari desa cicadas yang berarti air sungai ini melalui desa cicadas yang menjadikan nya kondisi air tidak bersih .

ngasi tips.
-jangan pernah ke curug ini di musim hujan ,jalan akan lebih sulit dan air akan keruh seperti banjir
-jika menggunakan mobil ,gunakan mobil 4x4
-jika menggunakan motor gunakan motor trail,jika pengguna motor biasa usahakan menambah shock motor biar lebih tinggi
-air curug akan terlihat sempurna di perubahan musim ,seperti seminggu ga hujan dari musim hujan .

Kamis, 19 Juni 2014

GOA SANGHYANG POEK

sanghyang poek

Masih tempat yang sama seperti sanghyang tikoro ,rajamandala padalarang .
namun tempat ini mempunyai daya tarik yang berbeda ,
kita bisa sampai ke tempat ini dengan waktu kurang lebih 15menit perjalanan dari sanghyang tikoro ,
Di perjalanan,ada dua jalur alternative ,jalur darat atau jalur air .saya sarankan sih mending jalur air ,asal kita berani untuk basah-basahan hahah
jika mengambil jalur darat ,trek akan seperti jalan di hutan ,sebaliknya apabila mengambil jalur air  ,kita menyusur sungai dengan pemandangan yang tak biasa

bikin kopi dulu :v

setelah sampai di mulut goa ,saya sudah terkejut dengan dinding goa yang berkilauan seperti berlian ,

entah bercampur apa tapi bebatuan basah ini mengandung asam ,seperti penyerapan air hujan yang bercampur kandungan apa saya belum tau tepat nya :v
yang kedua di dalam goa ini tercium bau kurang sedap ,yah "guano" sebut saja kotoran kelelawar hahaha
bagi orang pecinta tumbuh2an guano sangat lah berguna sebagai pupuk ,kandungan nya memang sedikit aneh ,nitrogen ,phosphorus,potassium .dengan kandungan besar nitrogen ,guano ini sangat cocok sekali untuk penyuburan tumbuhan seperti anggrek yang sangat membutuhkan banyak nitrogen ,belum lagi di tambah fosfor yg turut berperan di penyuburan tanaman ,
hhhmm,tapi potassium ,itu adalah bahan baku dinamit yang marak di pergunakan pada jaman perang pasifik atau kandungan ini di pakai sebagai bahan peledak untuk membunuh ikan beserta terumbu karang yang sebagian orang lokal di pulau jawa menyebut nya dengan 'portas",
heran hahahahha
tapi yang jelas hampir di seluruh goa indonesia yang berada di hutan ,memiliki guano yang super ,karna sumber makanan organik kelelawar yang baik dan super juga .

Selasa, 10 Juni 2014

GOA SANGHYANG TIKORO

sanghyang tikoro
goa sanghyang tikoro

Goa yang beralokasikan di daerah rajamandala padalarang ini cukup terkenal akan sejarah-sejarah mistis atau pun sejarah keberadaan goa ini yang menyangkut sungai yang mengalir ke entah berantah yang katanya aliran sungai ini lah yang membuat kota bandung yang dulu nya danau purba menjadi surut dan jadilah paris van java .
Berawal dari perjalanan kami menuju sanghyang poek (jujur aja kami ke sanghyang tikoro cuma mampir hha) sengaja saya membedakan posting antara sanghyang poek dan sanghyang tikoro karna menurut saya ini adalah dua tempat yang jelas berbeda unik nya,
berangkat jam 8,ngaret jadi jam 9 (hal biasa) ,meet point bunderan cibereum dan berangkat lah kami bertiga ke sanghyang tikoro ,
sekitar 1jam setengah kami sudah sampai pintu masuk kawasan ini dan tanpa tiket.
disini ngga ada batasan parkir ,jika pake kendaraan harus nitip ke satpam PLTA saguling atau ke siapa aja lah asal jangan ke pohon hahahahaha -_- ga lucu
sekedar ngobrol aja dah tentang ke unikan goa ini ,sanghyang tikoro yang berarti dewa tenggorokan ,konon apabila memasukan sebatang lidi ke aliran sungai yang menuju goa  ,akan terdengar suara tersedak seperti manusia yang menelan lidi ,entah konon atau larangan ,kami ga tau .yang jelas kami ga mempraktekan ,karna kami tidak mau mengambil resiko dengan main iseng dengan alam :V
konon yang lain nya ,di atas goa ini terdapat batu yang terlilit akar ,dan apabila batu ini terjatuh dan menutup lubang goa ,bandung akan menjadi danau kembali ,aneh nya saya ga liat ada batu yang menempel di lilit akar,
konon yang lainya ,goa ini pernah akan di hancurkan oleh rakyat kelahiran saya (belanda) ,untuk di buat jalan dengan cara di bom,LOL .alhasil orang2 belanda yang tewas tanpa sebab ,goa nya malah ngga bergeser sedikitpun .
Lanjut ke konon yg lainya ,sebuah penelitian dari orang asal kelahiran orang tua saya (prancis) ,meneliti kmana terusan air sanghyang tikoro ini dengan menabur tinta ke aliran sungai ,dan alhasil tidak ada sample air berwarna tinta mereka kemanapun .belum putus asa ,mereka menjulurkan tali sepanjang kurang lebih 200meter dan masih saja tidak menembus kemanapun .menurut prof.H.tomNUGRAHA ganteng.spd mungkin tali nya nyangkut di batu ,bhahahahahaha bercanda.
pendapat saya ,beberapa meter di mulut goa ada sebuah air terjun ,karna apabila kita berdiri di tempat kaya foto di atas ,terdengar samar seperti jatuhan air yang deras .
makanya saking bahaya nya ,sanghyang tikoro di beri pagar pembatas ,karna apabila curah air yang tinggi dapat menghanyutkan manusia dengan sekali bilas ,dan terbawa entah kemana .
di tempat ini juga di pasangi kamera CCTV ,entah tujuan nya apa ,alat itu di pasang oleh PLTA saguling ,mungkin untuk memantau orang ,karna tidak jarang orang yang bertapa menuntut ilmu disini .
sekedar tips ,jangan berani turun apabila air sedang deras ,jangan memberanikan diri bermain air dengan menyemplungkan kaki ,karna dasar batu yang kita injak licin banget .kali aja kepeleset kan berbahaya bung .

GUNUNG PAPANDAYAN

Gunung papandayan ,dataran yang mempunyai tinggi 2665meter di atas permukaan laut ini menjadi tujuan kami setelah lama libur muncak ,
ok ,berawal dari perjalanan kami sekitar jam 5subuh dari bandung ,sekitar jam setengah 8 kami sudah memasuki desa cisurupan (kaki gunung papandayan) ,beristirahat sejenak karna lelah mengendarai motor ,
dan mulai melanjutkan perjalanan sekitar jam 8 pagi ,
di jalan banyak sekali para pendaki yang hendak nanjak juga ,kebanyakan mereka memakai angkutan umum berupa mobil bak kecil ,yang kami kurang tau harga nya hahah

Jalan yang kami lalui cukup extreme ,malah motor saya mogok tengah jalan ,fak -_-
jalan berbelok dengan aspal hancur semi tanah merah ,
malah kami sempet membuka bengkel dadakan ,karna motor ngga mau nyala mulu ,
setelah motor nyala ,skip ,kita nyampe di pintu tiket gunung papandayan,
karna kita hiking ,biaya hanya memakan 2ribu/orang dan 5ribu untuk parkir motor include penitipan helm .

foto di perjalanan ,dan disini mulai tercium aroma belerang .

menuju hutan mati

mencari sungai kecil yang sangat jernih

foto di jurang tempat yang jarang di ketahui pendaki

tips nya jika ingin mendaki gunung ini mending pake angkutan umum ,sayang kalo pake kendaraan pribadi hahaha

P A N D A W A N A

Sabtu, 31 Mei 2014

CURUG CILEAT

CURUG CILEAT SUBANG

Di awali dengan pertemuan dengan teman semasa SMP ,aduh :$
dan  meminta saya dan tim ngadain trip buat ke curug ,sempet bingung nentuin harus ke curug mana .
dari berberapa diskusi sempet terlintas ucapan curug2 hebat seperti c.malela c.cikaso c,citambur dll ,
seudah search di google ,ada curug di sekitar subang yang emang ga jauh tempat nya ama di bandung ,
CURUG CILEAT ,done!
meet point di spbu riau ,seperti biasa saya dan kawan2 ngaret hahahah tiba lah jam 9.30 di spbu .
skip ,kita berangkat ,istirahat jam 11 di sebuah minimarket subang selepas perkebunan teh .
dan di lanjutkan sekitar setengah jam perjalanan lagi tiba lah kami di petunjuk arah "curug cileat"
semakin penasaran kami mulai tancap gas ,ehhhh kurang lebih melaju 2km jalan berubah jadi rusak total ,
dan perjalanan terhambat ,
azzzzzz skip,adzan dzuhur,kami menempati desa cibago ,desa terakhir menuju  curug ,
dengan ramah para warga menyambut  kami ,dan menawarkan parkir motor dan penitipan helm sebesar 5ribu rupiah ,murah bgt -_-
tanpa pikir panjang kami langsung menitipkan helm dan cabut ,
sepanjang jalan kami tidak menemukan pos masuk ,sampai seorang ibu paruh baya memanggil kami  dan meminta agar kami membeli tiket seharga 7500,

lanjut perjalanan .
jalan sedikit rumit ,sesampai nya kami di pemukiman sawah ,ingat kata si bapak penjaga parkir ,kita harus ngambil jalan kanan apapun yang terjadi .
sesekali kami berpapasan dengan warga dan kami bertanya memastikan arah jalan kami benar ,ya mereka dengan ramah menjawab benar ,
tak lama kami menemukan sebuah curug pertama ,cukup deras .cukup tinggi dan bernama curug citorok ,
lanjut perjalanan hanya 15menit kami di suguhi dengan curug cimuncang ,hahaha semakin penasaran kami lanjut dengan berjalan sekitar 10 menit dan menemukan satu curug lagi yang bernama curug cimuncang pasir ,
sayang ,hujan lebat mengguyur kami .
dan setelah kami diskusi kami memutuskan perjalanan di hentikan ,karna kami tau untuk menuju curug ke empat (curug cileat) akan memakan waktu yang cukup lama .azzzzz
mungkin kami akan kesana lagi ,jika ada yg mengusulkan buat trip kesana .

dan,hal unik dari perjalanan curug ini terdapat 4 curug yang beda 10meter dari mulai
citorok-70m
cimuncang-80m
cimuncang pasir-90m
cileat-100m

haduh,salam alam

SNORKELING PANTAI PANGANDARAN

snorkeling ? awal nya aga males knapa trip nya harus pantai -_- udara panas dan lembab ,
berangkat menggunakan bis skip nyampe penginapan jam 2 setelah berangkat jam 8 pagi ,perjalanan cukup macet dan membuat mual :&
sesampai nya disana langsung saja kami nengok pantai dan kaget sekali dengan warung pinggir pantai yang memajangkan minuman kegemaran kami ,vodka :v
tanpa pikir panjang kami menambah mual dengan membelinya seharga 70k hahahahahahha
narsis doeloe-

menunggu sunset ,eh malah berawan ,
kembali ke penginapan untuk melihat sunrise pagi nya (niat nya) di pantai timur ,
ehhhhh malah kaga bangun hahahahaha

dengan tekad pengen advent gara2 ga dapet sunrise sunset ,jam 10an kita coba pergi ke pasir putih ,dan menyebrang nya memakan biaya 15ribu/org ,setelah negosiasi dengan sang perompak ,dia menawarkan jalan2 ke laut dengan menambah 5rbu lagi ,deal!
dan kita di culik ke tengah samudera ,

Setelah di culik dan tour tempat2 mistis di pantai pangandaran ,baru lah nyampe pasir putih ,di pantai ini bisa menyewa alat snorkeling dengan harga 40ribu saja ,cukup :v
then..... here we go~

dan sekedar tips jika snorkeling di pantai pangandaran ,usahakan memakai sepatu .kalo bisa sih sepatu yang uda ga ke pakai (tapi bukan sepatu boot juga)
karna batuan karang di pantai ini sangat tajam ,dan berhati2 terhadap perahu yang keluar masuk di area snorkeling .

Jumat, 30 Mei 2014

GUNUNG BATU LEMBANG ,TEBING BATU

GUNUNG BATU LEMBANG
gunung batu lembang
gunung batu

Hamparan tebing batu yang berada di perbatasan Dago-Lembang ini jadi tujuan kami stelah lama libur turun alam ,
gausah jauh2 pergi buat nyari tempat buat ngopi dengan sentuhan matahari pagi ,
Sebenernya saya sering kesini nih ,tapi ngga pernah di pagi hari ,paling siang buat manjat tebing ,

gunung batu lembang
tebing batu

Di pikir mungkin pemandangan sunrise bakal lebih bagus ,malam nya saya ajak temen saya buat pergi kesini
mumpung kerja masuk jam 10 hha ,dan mulai berangkat jam 4 pagi ,kami menentukan meet point di dago ,dan sampai ke tebing ini sekitar jam setengah 5 .
menunggu matahari terbit kami membuat secangkir kopi dan samar-samar bisa ngeliat kota lembang dan kota bandung di belakang kami

dan munculah matahari :v

lokasi ini mudah ,namun sayang sulit untuk parkir kendaraan ,
cuma tips aja ,jika ke tebing ini menggunakan motor ,bawa helm kalian ,kunci gembok motor nya ,
soalnya sering kita keasikan foto2 ama liat pemandangan ,sedangkan posisi lokasi parkir motor aga jauh dari kita ,
lebih bagus kalo nyari warung terdekat terus nitipin motor ,
dari kabar yang kita terima 1bulan ke belakang ,sering pengunjung kehilangan helm ,malah pernah kehilangan 3 motor dalam waktu yang sama .